Promosi Diri Sendiri

Promosi Diri Sendiri

Perkenalkan nama saya A. Annisa Ussakinah Quraisy, biasa dipanggil Annisa atau Ica. Saya lahir di Aceh pada tanggal 31 maret 1996. Saya pernah bersekolah di TK Dharma Wanita Jeuram, MTsN 1 Jeuram, dan SMAN 4 Wirabangsa Meulaboh yang bertempatkan di Aceh dan saat ini saya adalah seorang mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Gunadarma dan mengambil jurusan teknik informatika. Menjadi mahasiswi perantauan tidaklah mudah, tetapi karena tekad dan ketertarikan saya untuk menuntut ilmu diluar daerah maka dari itu saya memilih untuk kuliah di Universitas Gunadarma yang berada di Depok.

Tidak hanya sekedar kuliah saja, saya juga mengikuti organisasi mahasiswa yang ada di Gunadarma. Saya tertarik untuk ikut organisasi mahasiswa ini karena  selain untuk menambah teman dan mencari pengalaman saya ingin menjadi pribadi yang lebih aktif dan kreatif. Pada saat saya tingkat 2 saya mendaftar untuk ikut organisasi BEM Fakultas Teknologi Industri (FTI) Gunadarma dan diterima sebagai salah satu staff di divisi social dan masyarakat. Awal periode saya pertama di BEM tidak hanya menjadi staff saya juga sempat menjadi pelaksana acara bakti social ke panti asuhan difabel. Saat itu adalah pertama kali saya belajar bagaimana menjadi pemimpin dalam sebuah acara, bagaimana mengarahkan semua anggota dan menjaga stabilitas agar acara tersebut berjalan dengan lancar.

Pada tahun kedua saya di BEM, saya diangkat menjadi kepala divisi penelitian dan pengembangan. Disini tanggung jawab saya sudah lebih besar lagi tidak hanya sebagai anggota dan pelaksana acara tetapi sebagai kepala yang bertanggung jawab dibidang tersebut. Pelajaran yang saya dapat saat saya menjabat sebagai kepala divisi adalah tidak hanya sebagai pemimpin tetapi juga sebagai konseptor dimana sebagai perancang kegiatan  dan pembuat aturan. Oleh karena itu saya harus berupaya memaksimalkan kinerja saya dibandingkan dengan sebelumnya. Tujuannya adalah agar kegiatan yang dilaksanakan hasilnya akan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Pada saat itu saya juga berhasil mengadakan acara kunjungan industri ke PT. Astra Daihatsu Motor yang dan PT. Panasonic Gobel Indonesia dengan jumlah peserta kurang lebih 130 orang yang berasal dari mahasiwa Fakultas Teknologi Industri Gunadarma dan juga beberapa panitia dari BEM FTI.

Saya juga pernah ikut menjadi panitia di acara-acara BEM lainnya, mulai dari dokumentasi, konsumsi, acara, LO artis, sampai dengan sponsorship. Banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan disini. Saat saya menjadi panitia di bidang acara disini diajarkan kedisiplinan waktu yang tinggi, semuanya harus diatur dengan rapi. Dan yang paling berkesan adalah ketika saya menjadi panitia bagian sponsorship. Disini saya belajar bagaimana caranya melakukan kerjasama dengan perusahaan yang dituju dalam hal sponsorship. Saya pun dituntut untuk memiliki kemampuan menulis dan berkomunikasi dengan baik. Menulis proposal ataupun email untuk perusahaan yang akan ditujukan tidaklah mudah, saya harus mempelajari bagaimana proposal ataupun email saya dapat menarik perhatian pimpinan perusahaan tersebut. Kemampuan berbicara saya juga diuji disini, ketika bertemu dengan pimpinan perusahaan tersebut saya harus mempresentasikan dengan baik maksud dan tujuan yang berkenaan dengan kegiatan saya.

Pelajaran yang saya dapat ketika menjadi panitia sponsorship ini adalah bagaimana caranya bersosialisasi dengan orang-orang penting di perusahaan. Dengan menjadi bagian dari panitia tersebut saya dapat meningkatkan kemampuan menulis dan juga kemampuan berbicara dengan baik.

Saya menjadi bagian dari panitia sponsorship ini pada acara IT Festival dan saya juga pernah menjadi notulis dan juga menulis press release untuk acara yang sama yaitu IT Festival yang diadakan oleh BEM FTI.

Pada tahun ketiga saat ini saya masih aktif melanjutkan menjadi bagian dari BEM FTI. Sekarang saya adalah salah satu dari anggota Badan Pengawas Harian yang menjabat sebagai sekretaris. Mengingat saya masih bisa menyeimbangkan kegiatan kuliah saya dan kegiatan organisasi saya maka dari itu saya memilih untuk melanjutkan periode 2015/2016 ini.

Tidak hanya aktif dalam kegiatan organisasi, saya juga aktif dalam kegiatan belajar dikelas yang merupakan hal yang wajib dan harus saya lakukan. Saat ini saya telah menduduki tingkat 4 di Gunadarma. Banyak program-program di Gunadarma seperti workshop dan kursus yang telah saya ikuti selama ini.

Saya pernah mengikuti beberapa workshop yang di adakan oleh Lembaga Pengembangan Komputerisasi (Lepkom) Gunadarma diantaranya adalah Java Programming Language Fundamentals, Web Programming  with JQuery, dan Introduction to Visual C++ with MFC. Dari workshop yang telah ikuti banyak ilmu yang saya dapatkan, khususnya di bidang informatika.

Saya juga telah lulus sebagai sarjana muda dimana setara dengan D3. Untuk lulus sebagai sarjana muda saya diwajibkan untuk membuat penulisan ilmiah beserta dengan aplikasinya. Penulisan ilmiah saya berjudul “Aplikasi Enkripsi Data dengan Metode AES 128bit dan RSA Berbasis Android”. Aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan Android Studio.

Melihat dari tulisan saya diatas, bisa dikatakan bahwa saya adalah pribadi yang disiplin dan juga mempunyai kemampuan yang besar untuk belajar. Saya memiliki sifat positif, saya memiliki pikiran terbuka dan bersemangat akan hal-hal baru yang positif. Saya dengan senang menolong teman saya yang sedang kesulitan dan juga mendengarkan mereka. Saya juga dapat bekerja sebagai individu ataupun sebagai kelompok. Ketika sedang bekerja dalam kelompok saya senang untuk mendorong teman-teman saya untuk memberikan pendapat mereka masing-masing sehingga hasil yang didapatkan nantinya sesuai dengan harapan kelompok.

Saat  diberikan tanggung jawab saya pun akan berusaha untuk meyelesaikannya dengan baik. Saya dapat memprioritaskan mana hal yang lebih penting dikerjakan dengan yang harus dikerjakan setelahnya.

Kekurangan saya adalah saya terkadang suka terlalu gugup untuk bicara didepan, oleh karena itu saya sering mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan agar ketika saya tampil didepan saya akan lebih siap.

Leave a Reply

