Mengendalikan Diri Ketika Emosi

Mengendalikan Diri Ketika Emosi

Pernah gak kadang-kadang ketika sedang ada masalah kita merasa emosi pengen marah-marah aja rasanya?

giphy

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari pasti banyak sekali peristiwa yang terjadi. Apalagi dalam dunia sosial saat ini tidak bisa dipungkiri karena adanya perbedaan pendapat, ataupun diluar itu sesuatu berjalan tidak sesuai dengan yang direncanakan yang menyebabkan kita emosi. Nah, pada tulisan kali ini gue akan berbagi sedikit tips atau kiat-kiat bagaimana mengendalikan emosi ketika sesuatu yang tidak menyenangkan tersebut terjadi. Berikut kiat-kiat mengendalikan emosi:

  • Biarkan berlalu

Biarkan saja berlalu,? hmm mungkin kedengarannya tidak positif dan berputus asa. Akan tetapi sebenarnya ini adalah cara yang bagus untuk mengendalikan emosi, karena daripada kita terus memikirkan sesuatu hal yang tidak berjalan dengan lancar dan menyebabkan emosi alangkah baiknya dibiarkan saja berlalu dan menjadi pelajaran untuk selanjutnya, dan kitapun dapat memfokuskan diri ke hal/kegiatan lainnya.

  • Berdiam diri

Sikap diam juga dapat digunakan dalam mengendalikan emosi. Ketika emosi rata-rata kita suka mengeluarkan kata-kata yang kurang tepat yang mmenyebabkan orang lain disekitar kitapun akan ikut emosi. Oleh karena itu, ada baiknya ketika mulai emosi diam saja terlebih dahulu, tarik nafas dalam-dalam dan lanjutkan lagi kegiatan yang sedang dikerjakan.

  • Berpikiran logis

Ada saatnya kita harus berpikiran logis, mengutamakan pikiran daripada perasaan👍, karena jika dilihat lagi dari penyebab emosi karena perasaannya tersinggung atau merasa direndahkan. Padahal mungkin jika dipikirkan lagi, komentar atau kritik dari orang lain justru dapat membantu kita untuk berkembang menjadi lebih baik.😉

  • Bercerita

Menceritakan masalah kepada orang lain dapat membuat kitapun tenang. Terkadang karena terlalu banyak masalah yang menumpuk, banyak hal yang tidak dapat dikendalikan lagi menyebabkan kita emosi. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, dengan bercerita ke orang-orang terdekat kita dapat mengurangi beban dan juga mengendalikan emosi.😊

  • Meminta bantuan

Nah kalau yang ini juga berkaitan dengan poin di diatas, dimana ketika sesuatu hal sudah diluar kendali sebaiknya mintalah bantuan dari orang-orang terdekat.👌

  • Introspeksi diri

Cobalah untuk melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang, bagaimana masalah tersebut dapat memberikan efek terhadap kita dan orang lain. Dan juga tidak  lupa untuk mengoreksi diri sendiri pikirkan secara kritis jangan hannya mengikuti perasaan saja,😁✌️ karena mungkin yang menyebabkan kita emosi ya diri kita sendiri.

  • Mengekspesikan diri

Maksud dari mengekspresikan diri disini adalah biasanya ketika ada hal yang berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan kita cenderung diam dan pada saat masalah tersebut semakin besar kita cenderung emosi dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas. Ada baiknya ketika kita ingin susatu utarakan atau ekspresikan apa yang kita butuhkan dan inginkan yang tentu saja dengan sikap tanpa menyakiti hati orang lain.

  • Mencari solusi

Poin ini berkaitan dengan poin yang diatas, seperti ketika terjadi perbedaan pendapat ataupun masalah lainnya alangkah baiknya pihak-pihak tersebut mencari solusi bersama-sama tanpa memikirkan mementingkan ego masing-masing.

giphy2

  • Bersikap tenang

Hampir sama dengan sikap berdiam diri, ketika dihadapkan dalam suatu situasi yang tidak dapat dikendalikan sebaiknya tarik nafas dalam-dalam dan tenang dulu sejenak. Setelah pikiran mulai jernih barulah kembali mencari solusi untuk masalah disituasi tersebut.🙂

  • Kilas balik

Ketika dihadapkan di situasi tertentu kadang kita bingung mengapa sebelumnya kita melakukan hal tersebut, atau pertanyaan seperti “mengapa saya berada disini?” 😬“mengapa keputusan diambil?”😣. Sebaiknya kita melakukan kilas balik mengapa keputusan tersebut diambil, tujuannya untuk apa.

Oleh karena itu kita harus melakukan kilas balik jadi kita tahu tujuan semua ini dijalani itu untuk apa, jangan hanya karena kita mendapat suatu halangan atau masalah dalam mencapai tujuan tersebut, kita berpikiran negatif dan yang menyebabkan emosi.😇

Jadi tenangkan diri terlebih dahulu, pikirkan dengan logis keputusan-keputusan yang telah diambil, jangan sampai sifat emosi ini menghalangi kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Oke, sekian semoga tips diatas dapat bermanfaat yaaa!😊😊

giphy1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s